120 Stand Siap Meramaikan Pontianak Food Festival 2018

Pergelaran Pontianak Food Festival 2018 akan berlangsung dari 19-25 Februari 2018 di Area Parkir Ayani Megamall Pontianak. Mengangkat berbagai macam kekayaan kuliner Kalimantan Barat yang beraneka ragam dan memperkenalkan kenikmatannya ke seluruh pelosok Indonesia dan mancanegara. Sebagai festival tahunan yang langsung sukses di tahun 2017 lalu dengan menghadirkan Chef ternama dan pemecahan Rekor MURI tentu ini akan menjadi tantangan untuk mengadakan Pontianak Food Festival 2018.

120 Stand Siap Meramaikan Pontianak Food Festival 2018

Ketua Penyelenggara Pontianak Food Festival 2018, Edy Hartono mengatakan akan ada 120 stand kuliner yang berpartisipasi, mulai dari Hotel, Restoran, Warung hingga Pedagang makanan kecil yang tersebar di Kalimantan Barat.

Selain itu, acara kali ini akan berlangsung lebih meriah dengan mendatangkan Chef ternama dan juga akan melakukan pemecahan rekor MURI. Acara lain yang tidak boleh dilewatkan adalah Festival Durian, Pemilihan Duta Kuliner Kalimantan Barat, serta penampilan dari putra putri daerah.

Kalimantan Barat khususnya mewakili nusantara dalam cita rasa kuliner yang berdasarkan letak/lokasi dilintasi sungai dan dikelilingi laut serta topografi daratan rendah tropis yang kaya akan citarasa kuliner yang berbahan baku ikan, baik sungai maupun laut. Kalimantan barat merupakan salah satu provinsi yang wilayah lautnya luas dengan jumlah ikan yang melimpah, terlihat dari pengiriman hasil laut keluar provinsi dan ekspor. Beberapa waktu yang lalu Kalimantan Barat dipercaya oleh pemerintah Pusat untuk menggelar Festival Ikan dan Lomba Masak Ikan di Taman Alun Alun Kapuas, dimana pemenang lomba masak akan mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan serta mendapat kesempatan memasak untuk Presiden Joko Widodo di Istana Negara dalam rangkaian perayaan 17 Agustus 2017 lalu.

120 Stand Siap Meramaikan Pontianak Food Festival 2018

Ketua Panitia Pontianak Food Festival, Edy Hartono menyampaikan “Pontianak Food Festival 2018 akan bertemakan “AYO... MAKAN IKAN” dan ini sejalan dengan program pemerintah. Ikan memiliki gizi yang baik untuk kesehatan manusia dan Kalimantan Barat memiliki banyak jenis kuliner berbahan dasar ikan salah satunya Asam Pedas”. Ia juga menambahkan Partisipasi dan dukungan masyarakat untuk mewujudkan gerakan ini ini sangat dibutuhkan. Salah satunya yang paling mudah dilakukan adalah dengan mulai menyukai ikan. Inilah alasan kuat mengapa Pontianak Food Festival 2018 mengambil tema “Ayo Makan Ikan”.

Inisiator festival ini PHRI dan Pondok Ale Ale berusaha mengakomodasi tingginya minat makan ikan dengan mengadakan kembali festival ini seiring dengan tumbuhnya usaha kuliner yang menggunakan ikan dan hasil laut sebagai bahan untuk menu andalannya. Dengan menyajikan ikan tentu ini juga akan membantu nelayan dan industry perikanan di Kalimantan Barat agar dapat terus maju.

Kedepannya, dengan pelaksanaan Pontianak Food Festival tanggal 19 – 25 Februari 2018, pelaksana kegiatan berharap dapat menyedot wisatan lokal, nasional, maupun internasional untuk datang ke Kota Pontianak dan menjadikannya salah satu destinasi wisata kuliner di Indonesia, dan besar harapannya Kota Pontianak mampu menjadi salah satu kota dengan ikon “Pesona Makanan Ikan” yang dapat di kenal secara luas.

Guna memeriahkan acara ini akan ada rangkaian acara lain seperti promosi produk produk UKM khas Kalimantan Barat seperti berbagai produk busana khas Kalimantan Barat dari desainer lokal Kalimantan Barat yang akan terbalut indah dalam rangkaian acara Pemilihan Abang Adek Duta Kuliner Kalimantan Barat 2018.

Komentar